Me and a Note about Ilana Tan’ s 4 seasons Tetralogi

Selama dua hari berturut turut saya membaca (kembali) tetralogi 4 musim karya ilana tan. Kesan yang ditinggalkan masih sama dan masih berkesan. Saya jadi berpikir, apakah nama Ilana Tan adalah nama alias?.. Lebih jauh lagi, apakah Ilana Tan seorang laki

-laki? Kenapa saya berpendapat seperti itu? Karena tetralogi musim karya Ilana Tan, dapat secara jelas dan gamblang, menggambarkan dan mentransfer perasaan tokoh laki-lakinya. Saya sebagai wanita dapat merasakan perasaan keempat tokoh utama laki-lakinya.. Rasa penasaran Jung Tae Woo, kepedihan dan cinta Tatsuya, kebingungan dan kehangatan hati Kazuto, maupun kegalauan Danny Jo..

Ilana Tan dapat membuat saya berpikir ulang,menyelami dan merasakan bagaimana perasaan laki-laki ketika jatuh cinta.

Memang..ketika saya membaca, saya tidak sampai ‘nangis,menitikkan air mata, atau mbrambang’.. Sedikit berkaca-kaca ketika membaca 1/4 bab terahir buku ‘autumn in paris’ ..  (Buku yang sukses membuat saya nangis itu message in the bottle – nicholas sparks ; a walk to remember-nicholas sparks ; notebook-nicholas sparks dan harry potter ketima sirius black mati)..
Tapi dalam buku tetralogi Ilana Tan..sangat berhasil membuat hati saya tersentuh dan berdesir dengan adegan (sweet scene) yang melibatkan kedua tokoh utamanya. Dan digambarkan dengan indah serta tidak corny dan cheesy..

Karya Ilana Tan juga melibatkan banyak tokoh yang kisahnya dalam masing-masing cerita belum tuntas..masih bisa dibuat cerita baru..well bahkan karakter ceritapun berhak mendapatkan kebahagiaan.. Dan sangat mungkin tokoh pendukung di satu cerita bisa bertemu dengan tokoh dari cerita lain dan menjadi tokoh utama, dan bahagia.. Misal akira, atau miho, atau yuri..

Walaupun klimaks dan anti klimaks  dalam keempat buku Ilana digambarkan dengan baik,rapi dan tidak terburu-buru.. saya menilai, keempat buku itu masih kurang panjang dan menurut saya dapat meninggalkan efek lebih dramatis (atau tragis ?) …

tokoh-tokoh favorit
Tokoh utama wanita :
Tara Dupont:
Tara.. Saya jatuh cinta pada Tara.. Keras, tegas,ekspresif tapi lembut hati.. Semoga Ilana membuat cerita baru tentang Tara.. Yang berakhir bahagia..dia harus bahagia.. Saya inginnya dia sama Akira (winter in Tokyo)..dia harus bahagia juga.. Bisa dibuat kalau karakter Akira ternyata ada kemiripan dengan Tatsuya dan trauma Tara..bagaimana Tara menata hatinya..🙂

Tokoh utama pria :
Tatsuya dan kazuto
Tatsuya :
… Tragis..dewasa… Tempat bergantung..shoulder to cry on..menenangkan batin.. Karakter tatsuya membuat saya jatuh cinta sekaligus sedih.. Jika membayangkan tatsuya..saya menganggap.. Harusnya dia hidup dan sehat.. Tapi kedewasaan tatsuya..dan keinginan sederhananaya.. ‘jika dia bahagia,akupun bahagia, sesederhana itu’ .. Jika Tara bahagia..matipun dia rela.. Yah..kedengaran cengeng.. Tapi dalam konteks ‘cinta terlarang’ mereka berdua.. Ketidakegoisan dan sikap mengambil langkah mundur dari kehidupan Tara..buat saya..indah sekali.. (dan tragis)..
Ketenangan dan semua sifat tatsuya..mengingatkan saya pada masumi hayami (topeng kaca) dan sedikit gabungan dari anthony brown (candy candy) dengan sedikit sifat okita (pop corn)..yang secara kebetulan, dua karakter terakhir meninggal meninggalkan orang yang mencintai dan dicintai

Kazuto:
… Romantis, menyenangkan, orang yang nyaman untuk diajak bicara, setia kawan.. Saya suka kazuto karena..entah kenapa saya membayangkannya dengan fujiomi karakter komik karya kyoko hikawa..walaupun sifatnya bertolak belakang..

Pemeran pendukung wanita :
Yuri Iwamoto
Yuriii.. Akan lebih seru jika cerita atau adegan yang melibatkan dia dibuat sedikit lebih panjang yang bisa meninggalkan kesan antagonis lebih mendalam. Tidak perlu menjadi tokoh yang amat jahat. Cukup penggambaran yang membuat pembaca (saya) jengkel, kasihan dan ahirnya sayang sama yuri.. Akan lebih seru (menurut saya), jika yuri mengambil kesempatan pada saat kazuto hilang ingatan dan memberi kesempatan kepada pembaca untuk mendalami dan memahami sifat yuri. Saya ingin yuri melihat kazuto yang sebenarnya.. Dan saya ingin kazuto merasakan dan ‘terbalaskan’ perasaannya dari yuri.. Sehingga terjadi pertentangan batin pada kazuto dan tanpa harus memilih.. Dialam bawah sadarnya, hati kazuto merasakan dan berlabuh ke keiko dan apapun yg yuri lakukan.. Tidak dapat mengubah kenyataan..bahkan pada akhirnya, membantu keiko

Pemeran pendukung pria :
Akira
Akira… Akira … What can I say? Sepertinya dia cocok kan.. Kalau dipasangkan dengan Tara? Kesabaran nya meluluhkan hati Tara.. Tara yang masih terkenang tatsuya dan ahirnya mulai membuka hati sampai dia salah paham bahwa perasaan akira ke Tara karena dia mirip Keiko.. Hehehe.. Yaa..meskipun itu alasan awal Akira mulai memperhatikan Tara.. Hehehe..

Well.. Yaa.. Itu hanya keinginan terpendam saya sebagai pembaca dan penggemar karya Ilana.. Buat saya..semua karakter harus bahagia dan merasakan cinta..

Salut kepada Ilana Tan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s